Senin, 08 November 2021

SITASYA TERINTEGRASI DENGAN PORTAL RUMAH BELAJAR

    Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung sampai sekarang berimbas pada sektor pendidikan terutama pola belajar mengajar dari tatap muka menjadi pembelajaran online. Metode pembelajaran yang membosankan terkadang membuat siswa merasa jenuh. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatlah sebuah media pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran.  Minimnya ketertarikan siswa terhadap materi IPA khususnya tata surya di Kelas VII SMP menyebabkan menurunnya prestasi belajar dalam memahami materi tersebut. Siswa hanya dapat mempelajari apa yang sering digunakan guru dari berbagai buku, tetapi tidak dapat melihat visualisasi sistem tata surya yang sebenarnya. Dari beberapa aspek tersebut maka dilakukan penelitian bagaimana cara membuat aplikasi media interaktif berbasis multimedia ‘SITASYA Terintegrasi dengan Portal Rumah Belajar yaitu Wahana Jelajah Angkasa sebagai Media Pembelajaran Interaktif” sehingga meningkatkan minat belajar siswa.

    Model pembelajaran yang saya lakukan dalam penelitian ini adalah Blended Learning. Blended learning sendiri menurut Graham (2005) menyebut sebagai pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online (pembelajaran tatap maya) dengan face to face (pembelajaran tatap muka). Dalam Blended learning sendiri memiliki 3 sintaks. Saya mengadopsi sintaks yang dikemukakan oleh Ramsay tahun 2001:

1.       Seeking Information : Pencarian informasi dari berbagai sumber belajar, baik secara online dari google, youtube, maupun blog pembelajaran lain dan juga secara offline seperti buku-buku yang ada di perpustakaan.

2.       Acquisition Information : Proses pemahaman, analisis suatu informasi yang telah didapatkan dengan melakukan telaah individu maupun diskusi kelompok. Peserta didik juga bersiap untuk mempresentasikan hasil diskusi dan pemikirannya.

3.       Synthesizing of Knowledge : Tahap ini, peserta didik merekonstruksi hasil analisis dan diskusi kelompok, dapat melalui sebuah kesimpulan dari apa yang mereka dapatkan selama pembelajaran berlangsung.

Selama ini, saya mencoba menerapkan sintaks ini di setiap pembelajaran di kelas. Misalnya saat tahapan :

        1.       Seeking Information

Langkah pertama yang saya lakukan adalah sosialisasi kepada peserta didik melalui zoom pada malam hari dengan kerja sama dengan komunitas astronomi.

Peserta didik diberikan link Sitasya (Sistem tata Surya) yang terintegrasi dengan  http://wwt.belajar.kemdikbud.go.id/?_ga=2.45383460.1650537947.1563960854-1424105606.1560151870 dari rumah belajar yang harus mereka akses sebagai media ajar melalui chat WA dan chat zoom. SITASYA dilengkapi dengan materi e-modul, game, quiz dan virtual lab angkasa melalui portal rumah belajar. Berikut tampilan awal SITASYA :

Tampilan Awal Sitasya
Tampilan Awal SITASYA

2.       Acquisition information

Ditahap ini peserta didik lebih ke Literasi digital dengan memanfaatkan e-modul tata surya yang berbasis Portal Rumah Belajar Kemdikbud serta mencoba virtual lab wahana jelajah angkasa. E-modul tata surya dapat diakses di https://nurulfisika.igi.my.id/2021/11/e-modul-sitasya.html

Virtual Lab Wahana Jelajah Angkasa

 3.       Synthesizing of Knowledge

Di fase ini, peserta didik diminta memaparkan tahapan dan alasan mereka dapat mengindentifikasi karakteristik sistem tata surya. 

Dengan memanfaatkan media ajar berbasis wahana jelajah angkasa rumah belajar, pembelajaran  semakin menarik dan hasil belajar pun meningkat. Pengalaman belajar pun meningkat

#RUMAHBELAJAR #PusdatinKemendikbud #RumahBelajar #PembaTIKlevel4 #PembaTIK2021#guruberbagi #gurupenggerak

0 komentar:

Posting Komentar

SOAL TTS FISIKA Kelas IX Angkatan 9'14

 Silahkan anak anak untuk mengerjakan soal dibawah ini Memuat… Waktu Pengerjaan: 30:00 menit!